Cara Menghemat Pemakaian Listrik



Dalam kehidupan sehari-hari, kita tak pernah lepas dari yang namanya listrik, yang sering kita gunakan untuk kebutuhan kita seperti memasak nasi, menonton TV dan lain-lain. Tapi sadarkah kita, kalau kita terlalu banyak memakai listrik apa yang terjadi? tentu saja biaya pengeluaran untuk listrik rumah anda pasti melonjak naik. kalau kita kelas bawah dalam memakai listrik, artinya dayanya tidak terlalu besar maka tidak terlalu mahal tapi terasa jika anda di tahap menengah dan tinggi yang mempunyai daya yang lebih besar yang otomatis membuat harganya pun begitu besar jika dibandingkan dengan menengah dan bawah. Saya akan memberikan cara atau tips seputar bagaimana menghemat pemakaian listrik.

1. Pagi sekitar jam 7, usahakan semua lampu sudah mati. kalau masih gelap bisa menggunakan lampu yang diperlukan saja.
2. Usahakan jangan berlama-lama dalam menonton televisi, cukup kapan perlunya saja atau ingin melihat berita yang bermanfaat.
3. Jika anda punya kulkas, usahakan daya yang dikeluarkan kulkas dikecilkan sekecil mungkin. karena kita tahu bahwa kulkas banyak memakan listrik. kalau tidak digunakan, silahkan dimatikan saja demi menghemat listrik.
4. Lampu boleh dihidupkan jika hari sudah benar gelap atau sudah malam
5. Masih soal televisi, hidupkan setelah orang selesai shalat magrib atau shalat isya, demi menjaga tata krama. dan tontonlah yang bermanfaat bagi anda, yang tidak bermanfaat tidak usah ditonton dengan cara dimatikan.
6. Setelah larut malam sebelum anda tidur, matikan semua lampu kecuali lampu depan rumah anda. biasakan tidur tanpa adanya lampu. periksa semua alat listrik yang masih mencolok, lalu lepaskan.
7. Setelah semua tahap yang ada lakukan sudah benar dan baik selama sebulan, lihat tagihan listrik anda apakah cara ini terbukti menghemat atau tidak. tapi berdasarkan pemakaian, cara ini sangatlah membantu dalam menghemat pemakaian listrik.

Demikianlah cara atau tips dalam menangani listrik yang boros agar menjadi hemat. jika ada masalah atau keganjilan dalam daya listrik anda, bisa anda hubungi tukang PLN terdekat.
Terima kasih telah membaca.

0 Response to "Cara Menghemat Pemakaian Listrik"

Post a Comment